JavascriptMateri Course

Use Case: Temperatur Converter

Halo teman-teman semua selamat datang kembali di javascript course dari nusantech academy. Tidak terasa kita sudah menyelesaikan materi Modul 2 Javascript dasar dari javascript course ini.

Pada pertemuan ini kita akan mencoba mengaplikasikan materi-materi yang sudah kita bahas pada modul 2 dari javascript course ini ke dalam sebuah contoh use case. Sebelum kita membahas tentang contoh use case nya, terlebih dulu pastikan teman-teman sudah paham materi-materi  di modul 2 javascript dasar ini ya.

Pada use case ini kita akan mencoba membuat sebuah temperature converter yang bisa merubah sebuah input suhu dalam derajat celcius menjadi suhu fahrenheit dan suhu kelvin.

const celcius = 30
 
// Konversikan suhu celcius di atas menjadi suhu dalam fahrenheit
// Print hasil konversi ke fahrenheit ke console
 
// Konversikan suhu celcius di atas menjadi suhu dalam kelvin
// Print hasil konversi ke kelvin ke console

Jadi nanti akan variabel ‘celcius’ yang akan merepresentasikan suhu dalam celcius dan tugas teman-teman adalah mengubah suhu celcius tersebut menjadi suhu dalam fahrenheit dan kelvin. 

Lalu setelah itu, teman-teman perlu menampilkan hasilnya ke dalam console supaya bisa melakukan pengecekan apakah hasil konversi teman-teman benar atau tidak.

Langkah pertama yang perlu teman-teman lakukan dalam pengerjaan ini adalah mencari rumus untuk mengubah atau mengkonversikan suhu celcius menjadi suhu dalam fahrenheit dan kelvin. 

Setelah mendapatkan rumus-rumus tersebut, teman-teman sudah bisa mencoba menuliskan kode program untuk masing-masing konversi. 

Lalu teman-teman coba untuk print hasil dari masing-masing konversi ke dalam console dan kemudian dicek apakah hasil dari masing-masing konversi tersebut sudah tepat atau belum.

Baik teman-teman, silahkan dicoba latihan use case untuk modul 2 ini. Jika ada pertanyaan atau hal yang belum jelas bisa langsung ditanyakan di grup telegram ya. 

Selamat mengerjakan !