JavascriptMateri CourseNusantech Academy

Modul 4-4. Function vs Method

Pendahuluan

Halo teman-teman semua selamat datang kembali di Javascript Course dari nusantech academy. Sebelum teman-teman melanjutkan membaca materi ini, diharapkan teman-teman sudah mengerti tentang materi sebelumnya, yaitu tentang pengenalan fungsi, argument & parameter. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi dan metode serta perbedaan antara keduannya. Secara singkat perbedaan antara fungsi dan metode adalah fungsi adalah serangkaian instruksi untuk menjalankan sebuah tugas, sedangkan metode adalah serangkaian instruksi yang berkaitan dengan sebuah object.

Fungsi

Fungsi bisa terdiri dari serangkaian instruksi terhadap data atau terhadap variabel yang ada dan dapat mengembalikan sebuah hasil. Salah satu keunggulan fungsi adalah dapat digunakan berulang-ulang sehingga kita cukup memanggil fungsi tersebut tanpa harus mengetik serangkaian instruksi di dalamnya secara berulang-ulang.

Pada materi pengenalan fungsi, kita telah membahas tentang cara membuat sebuah fungsi, yaitu dengan menggunakan keyword function lalu diikuti dengan nama fungsi tersebut, lalu ada tanda kurung () untuk tempat meletakan parameter fungsinya dan diikuti tanda kurung kurawal {} tempat dimana instruksi-instruksi atau isi fungsi tersebut diletakkan. Untuk memanggil fungsi tersebut dilakukan dengan cara nama fungsi lalu diikuti dengan tanda kurung () lalu diikuti dengan tanda titik koma ;.

Untuk lebih jelasnya, mari kita buat sebuah fungsi:

function namaLengkap(firstName, lastName) {
 return firstName + ' ' + lastName;
}
 
namaLengkap('Ammar', 'Budiharto');

Fungsi namaLengkap di atas memiliki dua parameter, yaitu firstName dan lastName. Di dalam fungsi tersebut terdapat return statement untuk mengembalikan gabungan antara nilai dari parameter firstName dan lastName. Pada contoh di atas, fungsi namaLengkap dipanggil dengan isi argument ‘Ammar’ dan ‘Budiharto’ sehingga output dari fungsi tersebut adalah “Ammar Budiharto”. 

Perlu diingat bahwa firstName dan lastName adalah parameter, yaitu variabel yang terdaftar menjadi bagian dari definisi fungsi namaLengkap. Tetapi, ‘Ammar’ dan ‘Budiharto’ adalah argument, yaitu nilai yang diteruskan ke dalam fungsi namaLengkap ketika fungsi tersebut dipanggil.

Metode

Sebuah metode (method) sama seperti fungsi (function), yaitu serangkaian instruksi-instruksi untuk menjalankan sebuah tugas. Bedanya adalah metode berasosiasi dengan object sedangkan fungsi tidak. 

Untuk lebih jelasnya, kita akan coba beberapa contoh metode yang sudah disediakan javascript:

const namaLengkap = 'Ammar Budiarto';
 
// Mengubah nama lengkap menjadi huruf kecil semua
const namaLengkapLower = namaLengkap.toLowerCase();
console.log('namaLengkapLower: ', namaLengkapLower);
 
// Mengubah nama lengkap menjadi huruf besar semua
const namaLengkapUpper = namaLengkap.toUpperCase();
console.log('namaLengkapUpper: ', namaLengkapUpper);

Hasil console contoh metode dalam javascript

Variabel namaLengkap dalam contoh di atas menyimpan data string ‘Ammar Budiarto’, lalu metode .toLowerCase() dan .toUpperCase() dipanggil untuk memodifikasi nilai variabel namaLengkap lalu di masukkan ke dalam variable namaLengkapLower dan namaLengkapUpper secara berurutan. 

Metode .toLowerCase() adalah metode bawaan javascript untuk mengubah data string menjadi huruf kecil semua dan metode toUpperCase() adalah metode bawaan javascript untuk mengubah data string menjadi huruf kapital semua. 

Bisa teman-teman amati cara penggunaan fungsi dan metode yang berbeda. Metode digunakan untuk mengubah atau mengolah data dari sebuah object yang bersangkutan secara langsung sedangkan fungsi tidak.

Penutup

Jadi untuk mereview materi yang telah kita bahas, fungsi adalah serangkaian instruksi-instruksi atau pernyataan-pernyataan untuk menjalankan sebuah tugas. Sama seperti fungsi, metode adalah serangkaian instruksi-instruksi untuk menjalankan sebuah tugas tetapi berasosiasi dengan object. Cara penggunaan fungsi juga berbeda dengan cara menggunakan metode. Metode mengikuti object yang ingin diubah atau dimodifikasi sedangkan fungsi tidak.

Quiz Time:

1. Hasil yang muncul di console dari kode program berikut adalah:

const message = 'Wk';
 
console.log(message.repeat(3))
  • ‘WkWkWk’
  • ‘wkwkwk’
  • ‘Wkwkwk’
  • ‘WKWKWK’

2. Hasil yang muncul di console dari kode program di bawah adalah:

const cart = ['Beras', 'Telur', 'Ayam'];
 
console.log(cart.indexOf('Telur'));
  • 14
  • 3
  • 1
  • null