Materi CourseTipsTool

Browser untuk pengembangan aplikasi web

Halo teman-teman, pada artikel kita akan membahas beberapa browser yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi web beserta cara instalasinya. Yuks simak terus artikel ini 🙂 . 

Browser adalah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk membuka website di internet. Pada pengembangan aplikasi web, browser berfungsi sebagai compiler atau eksekutor dari program yang telah kita buat. Beberapa browser yang mendukung kita dalam melakukan pengembangan aplikasi web, di antaranya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dan lain-lain. Berikut daftar browser beserta link downloadnya.

  1. Google Chrome
    Link download:  https://www.google.com/intl/id_id/chrome/
    Gambar 1.1 Halaman download Chrome

  2. Mozilla Firefox
    Link download:  https://www.mozilla.org/id/firefox/new/
    Gambar 1.2 Halaman download Mozilla Firefox

  3. Opera
    Link download:  https://www.opera.com/id
    Gambar 1.3 Halaman download Opera

  4. Internet Explorer
    Link download:  https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=41628

    Gambar 1.4 Halaman download Internet Explorer

Untuk cara instalasi browser-browser di atas sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Klik tombol ‘Download’ pada masing-masing website browser yang dipilih.
  2. Jalankan file yang terunduh.
  3. Ikuti langkah-langkah instalasinya dan browser siap untuk digunakan.

Dari beberapa browser yang telah disebutkan di atas, yang lebih mendukung dalam pengembangan aplikasi web adalah Mozilla Firefox. Mozilla Firefox telah mendukung format JSON pada data yang kita peroleh dari suatu API. Namun jika kita ingin menggunakan browser yang lain kita dapat menginstall extensi JSON yang ada pada masing-masing browser, seperti pada Chrome kita dapat menginstall extensi JSON Viewer, pada Opera kita dapat menginstall JSON Lite, dan pada Internet Explorer kita dapat menginstall JSON Formatter.

Penutup

Pada artikel ini telah dijelaskan beberapa browser yang mendukung dalam pengembangan aplikasi web. Jadi semuanya kembali kepada teman-teman untuk memilih browser mana yang lebih disukai atau yang biasa digunakan.

Sekian penjelasan tentang browser pada artikel ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya 🙂 . See you!