Text EditorTipsTool

10 Ekstensi terbaik untuk Visual Studio Code

Hallo temen-temen, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 10 Ekstensi terbaik untuk Visual Studio Code.

Text editor ini cocok bagi kalian yang stack di JavaScript & TypeScript, Kenapa ?

Karena si Visual Studio Code itu sendiri dibangun menggunakan TypeScript, jadi auto suggest / intelisense nya lebih mengarah ke TS / JS.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ekstensi terbaik untuk Visual Studio Code

GitLens

Pada GitLens kita bisa preview commitan sebelum di push, dan bisa melihat perubahan pada baris kode ( dibikin oleh siapa, diubah oleh siapa ), Serta masih banyak fitur lain dari GitLens ini.

Visual Studio IntelliCode

Sebenarnya auto suggest bawaan dari VS Code itu sendiri sudah lumayan bagus, saya menggunakan ini agar auto suggest bisa lebih detail suggestion yang diberikan, bisa diibaratkan Improve dalam hal suggestion ( Intellisense nya ).

Sublime Text Keymap and Settings Importer

Bagi teman-teman yang migrasi dari Sublime Text 3 ke Visual Studio Code dan merasa aneh dengan keymap di VS Code, bisa nih dicoba in keymap sublime text di VS Code.

Secara keseluruhan keymap nya sama persis dengan keymap sublime text.

File Utils

Bagi teman-teman yang sering menggunakan VS Code tapi terbatas pada klik kanan di tampilan side folder project nya, yang hanya bisa copy dan paste. Nah pada ekstensi ini ada beberapa penambahan seperti Duplicate, Move, dan masih banyak lagi.

Prettier

Ekstensi ini cocok bagi teman-teman yang berfokus pada JavaScript, selain dia merapikan kodingan, kalo kita integrasi kan dengan ESLint dia bisa mebenerin kodingan yang sesuai standar, misalkan kita bikin var formatNumber, nah karna var ini terlalu global, nanti nya ESLint dan Prettier akan mengubah ke const formatNumber kalo variabel itu cuma di read / tidak ada perubahan nilai pada variabel.

ESLint

Ekstensi ini adalah Linter untuk JavaScript. Bagi teman-teman yang belum pernah menggunakan Linter pastinya stuktur kodingan teman-teman berantakan dan tidak terstruktur. Diawal – awal menggunakan Linter bikin pusing, kenapa Rules nya seperti ini, akan tetapi lambat laun nanti teman-teman akan merasakan kemudahan dari Linter itu sendiri, apa lagi di integrasikan dengan Prettier ini akan sangat membantu teman – teman. Btw disini saya menggunakan ESLint config Airbnb ( JavaScript Style Airbnb ).

One Dark Pro

Ekstensi ini cuma untuk Highlight Code. Menurut saya pribadi highlight bawaan dari VS Code kurang menarik dan pemilihan warna code nya kurang bagus, dengan menggunakan Ekstensi ini code yang kita bikin jadi lebih jelas dan berwarna. Sebenarnya highlight ini bawaan dari Text Editor Atom, bagi yang pernah menggunakan Atom pasti tau dengan highlight nya.